Potato Cheese Balls


Hello mommy,
Jumpa lagi di blog saya.
Buat setok cemilan bocil, terpikir untuk membuat makanan ini, namanya bola bola kentang keju alias potato cheese balls.
Kita intip resepnya yuk :)

Resep asli dengan sedikit modifikasi

Bahan :
1. Kentang 1/2 kg

2. Mentega/margarin 40 gram, kalau aku takar sendiri aja ga ditimbang (aku pakai blueband cake&cookies)

3. Garam sesuai selera (resep asli gapakai garam, tapi kuicip rada hambar, jadi kutambah sedikit garem)

4. Bawang putih 4 siung, geprek dan haluskan

5. Merica bubuk 1/2 sdt

6. Susu bubuk 1 sdm

7. Satu butir telur ayam

8. Daun bawang + seledri secukupnya

9. Tepung terigu secukupnya

10. Tepung maizena secukupnya

11. Tepung roti (aku pakai yang warna orange, beli di TBK alias toko bahan kue)

12. Keju kraft melt ( aku pakai cheddar karena waktu itu stok melt lg kosong )


Cara membuat :
1. Potong potong dan goreng kentang sampai kuning ( tidak sampai garing ), selagi panas langsung haluskan
2. Tambahkan mentega, aduk rata ( saya pakai tangan biar lebih mudah )
3. Masukkan bawang putih dan merica, garam, daunbawang, aduk rata, cicipi rasanya , jika sudah pas, terakhir masukkan telur ayam, aduk rata lagi.

4. Bentuk bulat adonan, jika pakai keju kraft melt, setelah dibulatkan pipihkan, masukkan 1 potong keju, bulatkan lagi. Jika pakai keju cheddar maka keju diparut dan masukkan ke dalam adonan.

5. Setelah adonan selesai dibentuk, masukkan tiap bulatan ke dlm kocokan telur, lalu ke tepung terigu yang sudah di mix dengan maizena, terakhir ke tepung roti. Lakukan sampai adonan habis

6. Masukkan ke dalam kulkas ( bukan freezer ), tunggu sekitar 2 jam, lalu digoreng dalam minyak panas

7. Untuk setok, bisa disimpan di freezer dalam wadah tertutup, kalau mau digoreng, keluarkan dulu, tunggu sekitar setengah jam, baru goreng

Kalau saya paling 2 hari aja sudah habis kalau bikin dari kentang setengah kg, jadi ga sempet masuk freezer he he..


Semoga bermanfaat ya moms

Komentar

Posting Komentar